Tulodo bersama dengan UNICEF dan Kementerian Kesehatan melakukan uji-coba modul Human-Centered Design untuk peningkatan pelayanan imunisasi

Tulodo Indonesia telah menyelesaikan tahapan uji-coba pelatihan dan modul Human-Centered Design untuk mendukung peningkatan pelayanan imunisasi di 14 provinsi dan kabupaten terpilih di Indonesia pada tanggal 20-21 September 2021. Kegiatan ini merupakan dukungan atas kerjasama UNICEF dan Kementerian Kesehatan untuk peningkatan cakupan imunisasi rutin. Kementerian Kesehatan bersama-sama dengan Tulodo Indonesia kemudian akan menjadi fasilitator untuk memfasilitasi pelatihan HCD untuk imunisasi ini di 14 provinsi. Selain itu, kami akan memberikan dukungan pemantauan dan evaluasi implementasi HCD di tingkat kabupaten dan subnasional, memberikan bantuan teknis kepada tim provinsi dan kabupaten untuk menggunakan kerangka HCD, mendokumentasikan proses pelatihan HCD,mengamati hasil-hasil intervensi saat praktik di lapangan, serta mendokumentasikan pembelajaran dari kegiatan penggunaan HCD untuk peningkatan pelayanan imunisasi di Indonesia. 

Pada aktivitas uji-coba yang dilakukan di Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, kami menguji setiap materi yang terdapat pada modul yang berisi penjelasan terperinci tentang langkah-langkah yang terdapat di dalam kerangka HCD untuk peningkatan pelayanan imunisasi. Selain itu, kami juga memastikan buku kerja (latihan) yang aplikatif untuk kegiatan peserta  pelatihan di lapangan.

Uji-coba materi Human-Centered Design (HCD) untuk peningkatan pelayanan imunisasi

Muliani Ratnaningsih dari Tulodo Indonesia memberikan penjelasan pembuatan tema pertanyaan dan panduan diskusi pada materi Human-Centered Design untuk peningkatan pelayanan imunisasi kepada fasilitator dari Kementerian Kesehatanreset

Pada uji-coba modul HCD kali ini, Tulodo Indonesia memberikan pemaparan untuk modul-modul yang telah kami adaptasi dari materi awal yang telah dikembangkan oleh Nucleus bersama UNICEF. Materi-materi modul  berisi topik-topik seputar apa itu HCD, bagaimana cara menggunakan kerangka HCD, dan yang terpenting penjelasan tentang manfaat HCD untuk peningkatan pelayanan imunisasi.

Uji-coba buku kerja Human-Centered Design (HCD) untuk peningkatan pelayanan imunisasi

Heribertus Wibowo dari Tulodo Indonesia dan fasilitator dari Kementerian Kesehatan memberikan penjelasan tentang pengisian Buku Kerja dengan menggunakan
pendekatan Human-Centered Design 

Selain membahas materi HCD, Tulodo Indonesia bersama dengan fasilitator dari Kementerian Kesehatan juga melakukan uji-coba untuk buku kerja yang nantinya akan digunakan dan membantu calon peserta memperkuat pemahaman terkait proses HCD serta membantu untuk mendapatkan data saat di lapangan, khususnya saat harus menciptakan solusi/ide yang tepat untuk peningkatan pelayanan imunisasi. Kami juga berdiskusi tentang cara terbaik menjelaskan buku kerja kepada para calon peserta, seperti bagaimana cara menetapkan tujuan, membuat persona serta menciptakan ide/solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk peningkatan pelayanan imunisasi. 

Dengan terlaksananya kegiatan uji-coba ini diharapkan seluruh fasilitator dapat memperoleh informasi yang rinci tidak hanya tentang kegiatan dan tujuan program, namun juga dapat menyampaikan materi dan praktek untuk pelatihan HCD kepada calon peserta di tingkat provinsi agar program Imunisasi di Indonesia dapat berjalan dengan sukses. Ikuti terus kegiatan kami dengan UNICEF Indonesia serta Kementerian Kesehatan dalam mensukseskan program peningkatan pelayanan Imnusasi di Indonesia.

Untuk yang ingin mengetahui infromasi lengkap terkait proyek peningkatan pelayanan imunisasi yang dilakukan bersama dengan Tim Tulodo Indonesia bersama dengan UNICEF Indonesia dan Kementerian Kesehatan, silahkan membaca artikel kami berjudul Kick-Off Meeting Peningkatan Pelayanan Imunisasi melalui Pendekatan Human-Centered Design dengan mengakses tautan berikut: LINK


Editor: Yulida Pangastuti

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.