Uji-coba training Human-Centered Design untuk peningkatan pelayanan imunisasi di Indonesia

Sebelum melakukan pelatihan di 14 provinsi bersama dengan Dinas Kesehatan dan organisasi masyarakat Tulodo Indonesia telah menyelesaikan uji-coba ke-2 untuk pelatihan dan modul Human-Centered Design (HCD) untuk mendukung peningkatan pelayanan imunisasi di 14 provinsi dan kabupaten terpilih di Indonesia pada tanggal 13-16 Oktober 2021 bersama dengan Kementerian Kesehatan dan UNICEF Indonesia. Kegiatan kali ini cukup berbeda dengan kegiatan uji-coba sebelumnya, pada kegiatan ini kami turut menggundang Dinas Kesehatan di 14 provinsi sebagai peserta uji coba, selain itu pada kegiatan kali ini pelatih HCD dari Kementerian Kesehatan dan Tulodo Indonesia juga melakukan uji coba pelatihan kepada para peserta dari provinsi dengan menggunakan metode hybrid (online dan offline) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Rangkaian aktivitas uji-coba sendiri adalah sebagai berikut: menguji coba materi HCD, buku kerja serta pelatihan (cara menyampaikan materi pelatihan HCD kepada para peserta) dan uji-coba waktu pelaksanaan pelatihan.

Uji-coba materi dan buku kerja Human-Centered Design (HCD) untuk peningkatan pelayanan imunisasi

Pelatih dari Kementerian Kesehatan memberikan penjelasan tentang langkah iterasi dan membuka sesi tanya dan jawab sesudah selesai pelatihan.

Aktivitas uji-coba materi serta buku kerja HCD bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi  berlangsung cukup efektif. Banyak masukan dan saran yang diberikan oleh peserta untuk ditambahkan di dalam materi-materi tertentu. Hal ini sangat bermanfaat karena banyak dari peserta yang lebih mengetahui situasi di lapangan terkait kegiatan imunisasi dan memberikan contoh-contoh kegiatan imunisasi yang dapat dimasukkan di dalam materi dan buku kerja HCD yang telah dikembangkan.

Uji-coba pelatihan Human-Centered Design (HCD) untuk peningkatan pelayanan imunisasi

Tim pelatih dari Kementerian Kesehatan hadir untuk uji-coba pelatihan dan modul materi Human-Centered Design secara hybrid kepada tim dari Dinas Kesehatan Provinsi

Selain membahas materi HCD, Tulodo Indonesia bersama dengan fasilitator dari Kementerian Kesehatan juga melakukan uji-coba untuk pelatihan yang terdiri dari cara menyampaikan materi HCD kepada para peserta, juga uji-coba waktu pelaksanaan training. Tidak hanya itu kami juga melakukan uji-coba cara penyampaian untuk cara pengerjaan buku kerja HCD serta evaluasi dari buku kerja yang sudah dikerjakan oleh peserta. Kegiatan berlangsung cukup lancar dan efektif, banyak dari pelatih sudah dapat membawakan materi HCD dengan jelas.

Dengan terlaksananya kegiatan uji-coba ini diharapkan seluruh fasilitator dapat memperoleh informasi yang rinci tidak hanya tentang kegiatan dan tujuan program, namun juga dapat menyampaikan materi dan praktek untuk pelatihan HCD kepada calon peserta di tingkat provinsi serta kabupaten/kota agar program Imunisasi di Indonesia dapat berjalan dengan sukses.

Tindak lanjut selanjutnya untuk program ini adalah Tulodo bersama dengan Kementerian Kesehatan akan turun ke 4 provinsi awal di tahun 2021 ini yaitu Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk melakukan pelatihan HCD kepada perwakilan dinas kesehatan serta organisasi masyarakat di tiap provinsi. Nantikan cerita kami dalam melakukan pelatihan di 4 provinsi tersebut.

Untuk yang ingin mengetahui informasi lengkap terkait proyek peningkatan pelayanan imunisasi yang dilakukan Tim Tulodo Indonesia bersama dengan UNICEF Indonesia dan Kementerian Kesehatan, silahkan membaca artikel kami berjudul Kick-Off Meeting Peningkatan Pelayanan Imunisasi melalui Pendekatan Human-Centered Design dengan mengakses tautan berikut: LINK. Jangan lupa untuk ikuti terus kegiatan kami dengan UNICEF Indonesia serta Kementerian Kesehatan dalam menyukseskan program peningkatan pelayanan imunisasi di Indonesia.

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply