Tulodo

Handover BERANI di Tingkat Kabupaten Bone untuk Program Pencegahan Perkawinan

Serangkaian program kegiatan pencegahan perkawinan anak  BERANI (Better Reproductive Health and Rights for All in Indonesia” (BERANI) telah dilakukan dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 bersama Pemerintah Kabupaten Bone. Salah satu rangkaian puncak kegiatan dari proyek ini, UNICEF melalui Tulodo Indonesia, mengadakan kegiatan Lokakarya Serah Terima BERANI Program Pencegahan perkawinan anak bersama dengan mitra di Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 12 November 2021 di Hotel Novena. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat dokumentasi pembelajaran baik dari program pencegahan perkawinan anak di Bone, serta memberikan pemaparan terkait panduan replikasi pencegahan perkawinan anak untuk mendukung Strategi Daerah guna memaksimalkan pencegahan perkawinan anak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 

Acara dibuka oleh Ibu Novi Anggriani selaku Senior Development Officer dari Pemerintah Kanada, Ibu Milen Kidane selaku Chief of Child Protection UNICEF Indonesia, Bapak Drs H. Ambo Dalle, M.M selaku wakil bupati Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga dihadiri Bapak Henky Widjaja, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Sulawesi dan Maluku, serta Ibu Elizabeth Geagea, First Secretary (Development) Pemerintah Kanada, perwakilan dari Bappenas, KemenPPPA, dinas-dinas di Bone, organisasi agama, serta LSM terkait isu perlindungan anak.

 Proses Penyerahan Materi Komunikasi BERANI program pencegahan perkawinan anak kepada Pemerintah Kabupaten Bone

Dalam kegiatan ini juga dipaparkan tentang hasil penelitian endline study untuk perkawinan anak dan MKM oleh Tulodo Indonesia, paparan potensi replikasi model pencegahan perkawinan anak di 24 Kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Selatan oleh Ibu Nur Anti Madjit  S.E., M.T dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulawesi Selatan.

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah dilakukannya serah terima dokumen untuk mendukung pencegahan perkawinan anak, yaitu dokumen penelitian endline, dokumen replikasi BERANI, serta komunikasi material untuk pencegahan perkawinan anak di Kabupaten Bone oleh Pemerintah Kanada dan UNICEF Indonesia kepada pemerintah daerah Bone. Dengan terlaksananya Lokakarya Serah Terima di tingkat Bone, Sulawesi Selatan ini diharapkan mitra dan pemangku kepentingan mendapatkan pembelajaran baik dari program BERANI yang sudah dilakukan di Bone selama dua tahun ini, pemerintah daerah juga diharapkan untuk menyebarkan komunikasi material BERANI di luar desa-desa intervensi, agar semakin banyak masyarakat yang dapat terpapar pesan terkait bahaya perkawinan anak dan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung berjalannya program BERANI selama dua tahun ini, sampai ketemu lagi pada program Tulodo Indonesia lainnya dalam mendukung pencegahan perkawinan anak di Indonesia.

Exit mobile version