Site icon Tulodo

Uji-coba material komunikasi untuk kampanye TBC bersama kaum muda

Masih ingat dengan proyek kampanye TBC melalui pemberdayaan kaum muda yang tengah dilakukan STOP TB Partnership Indonesia (STPI) bersama dengan Tulodo Indonesia?

Kegiatan kampanye TBC yang didukung oleh STOP TB Partnership Indonesia ini bertujuan untuk melibatkan kaum muda dalam mengedukasi dan mempromosikan perilaku pencarian kesehatan orang dengan gejala TBC untuk mengakses diagnosis TBC. Rencananya kaum muda di DKI Jakarta dan Jawa Barat akan mengedukasi masyarakat di lingkungan daerah tempat tinggalnya melalui kampanye ini, agar mereka dapat memahami gejala utama TBC yaitu batuk lebih dari dua minggu, juga mengetahui tempat pelayanan TBC yang dapat diakses dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Tidak hanya itu kampanye ini diharapkan juga dapat menambah wawasan masyarakat terkait pencegahan dan penanganan TBC.

Sebelumnya Tim Tulodo telah mengadakan aktivitas Diskusi Kelompok Terfokus bersama dengan kelompok sasaran di DKI Jakarta dan Jawa Barat pada Januari 2022 lalu. STPI melalui Tulodo Indonesia akhirnya telah sampai kepada tahap pengembangan material komunikasi dan kegiatan uji-coba purwarupa material komunikasi pada bulan Maret 2022, melalui lima kegiatan FGD (Focus Group Discussion) bersama dengan kelompok sasaran di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Pada aktivitas uji-coba yang dilakukan secara virtual, kami menguji setiap material komunikasi yang nantinya akan digunakan oleh perwakilan kaum muda untuk menyebarkan pesan kunci dari kampanye TBC kepada masyarakat. Material komunikasi yang kami uji-cobakan bersama dengan kelompok sasaran terdiri dari video yang diuji-cobakan dalam bentuk storyboard dan naskah, jingle, buku saku yang memuat informasi lengkap terkait TBC, dan pamflet yang akan dibagikan kepada masyarakat umum.

Di dalam aktivitas uji-coba kami memastikan bahwa setiap material komunikasi yang dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama untuk pesa-pesan yang terdapat di dalam material komunikasi. Diskusi bersama dengan kelompok sasaran berjalan dengan lancar, kelompok sasaran banyak memberikan masukan yang menarik untuk setiap material komunikasi yang diuji-coba. Beberapa masukan yang diberikan oleh kelompok sasaran adalah seperti untuk mengganti visualisasi salah satu tokoh/karakter di dalam video agar menjadi lebih menarik dan sesuai dengan penampilan masyarakat di daerah tempat tinggalnya. Kelompok sasaran juga menyampaikan bahwa mereka sangat tertarik untuk membagikan material komunikasi kepada orang-orang disekitarnya.

Tim Tulodo dan kelompok sasaran melakukan uji-coba material komunikasi

Setelah kami mendapatkan masukan yang bermanfaat dari kelompok sasaran, selanjutnya kami akan masuk kepada tahap pengembangan material komunikasi final yang akan digunakan oleh perwakilan kaum muda dalam menyebarkan pesan kampanye TBC di daerah tempat tinggalnya. Semoga material komunikasi yang dikembangkan bersama dengan kelompok sasaran ini dapat membantu masyarakat dalam pencegahan dan pengurangan kasus TBC di Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran.

Saat ini kami juga sedang melakukan perekrutan untuk perwakilan kaum muda di DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk membantu mengedukasi dan menjangkau masyarakat. Untuk pembaca yang tertarik ikut dalam kegiatan ini dapat melihat informasi lebih lanjut melalui tautan berikut ini: https://tulodo.com/opportunities/.

Nantikan cerita kami selanjutnya dalam mendukung pencegahan TBC di Indonesia!

Exit mobile version