Campaign #GuruPeduli

Apa itu kampanye #GuruPeduli?

Saat pendidikan seksual masih tabu di Indonesia, saat itu juga anak-anak di Indonesia tidak akan pernah paham tentang pentingnya Kesehatan Tubuh dan Reproduksi.

Di Indonesia, 10% angka kelahiran terjadi pada wanita usia 15 – 24 tahun (BPS, 2015). Data tersebut menjadi landasan Dolpin (Dolanan Pintar) untuk membuat kampanye #GuruPeduli yang bertujuan untuk menyebarkan pesan pentingnya pendidikan kesehatan tubuh dan kesehatan reproduksi untuk anak usia dini.

Mengapa Guru?

Kami ingin mengajak para guru untuk ikut terlibat aktif dalam memberikan opini terkait pendidikan kesehatan reproduksi untuk anak usia dini yang saat ini masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Guru yang berperan sebagai agent of change di masyarakat dalam hal ini adalah orang tua murid (di beberapa daerah guru adalah sosok yang disegani dan menjadi panutan bagi masyarakat) diharapkan dapat menjadi jembatan untuk membuka pikiran masyarakat agar mendukung pendidikan kesehatan tubuh dan reproduksi untuk anak usia dini.

Tata cara untuk mengikuti kampanye?

Infographic_GuruPeduli

  1. Jawab pertanyaan: Apa manfaat pendidikan Kesehatan Tubuh dan Reproduksi untuk anak?
  2. Siapkan jawaban
  3. Buat video singkat: Buat video  singkat berisi jawaban yang sudah kamu siapkan dengan durasi maksimal 1 menit.
  4. Kirim video: Kirim video yang sudah kamu buat ke community@tulodo.com atau whastapp (Ade) 0815-4286-0347. Jangan lupa sertakan id instagram kamu.

Siapa target audience dari kampanye ini?

Guru Indonesia yang aktif mengajar (Guru Paud, TK, SD, SMP dan SMA yang cukup aktif di sosial media dan peduli dengan kesehatan anak) 

Kenapa Video? Kenapa Instagram?

Video yang dibuat oleh para guru akan di publish atau disebarkan melalui instagram @DolpinID. Setiap yang Dolpin dan publish diharapkan dapat mengajak rekan guru lainnya untuk ikut dalam gerakan ini.

Selain itu diharapkan masyarakat yang melihat video dari para guru di sosial media (khususnya instagram) juga dapat memahami apa manfaat pendidikan Kesehatan Reproduksi dan sadar tentang pentingnya mengajarkan Kesehatan Tubuh dan Reproduksi untuk anak sejak usia dini.

Kapan jadwal pelaksanaannya?

14 Februari – 15 Maret 2019


Guru Indonesia peduli dengan pendidikan Kesehatan Reproduksi. Ayo ikut gerakan ini untuk Indonesia yang lebih sehat!

 

 

 

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.