Apakah quote dapat mengubah hidupmu?

Perubahan perilaku sangat menantang namun kadang tidak sepenuhnya dipahami oleh mereka yang bergerak dalam bidang pemasaran komersial. Mengapa? Karena dalam dunia komersial, sebagian kampanye dimaksudkan untuk meningkatkan pemasaran sebuah produk. Baik itu produk minuman, sepatu ataupun mobil. Mereka mencoba untuk merubah preferensi seseorang terhadap sebuah merek, bukan bertujuan untuk merubah perilaku seseorang.

Sebaliknya, sebuah kampanye perubahan perilaku, sebut saja kampanye kesehatan kepada masyarakat, dimaksudkan agar seseorang melakukan atau menghindari sebuah perilaku kesehatan tertentu, seperti tidak merokok atau harus banyak minum air putih. Dan pembuatan pesan yang fokus pada perubahan perilaku di sini membutuhkan seperangkat alat dan keahlian yang sangat berbeda dalam menyampaikan pesannya. Apakah benar?

Lalu bagaimana dengan quotes? Apakah quotes adalah salah satu pesan yang dapat merubah seseorang dalam merubah perilakunya? Quotes sendiri seperti yang diketahui oleh banyak orang dapat ditemukan dengan mudah, baik di media sosial, buku maupun Google Image. Mudah di sebar, dapat ditemukan di mana saja dan hanya berisi satu atau dua kalimat yang sangat mudah untuk dibaca dan dimengerti semua orang.

Kembali lagi ke masalah perubahan, banyak orang yang menemukan bahwa perubahan itu sulit, berubah bukanlah sesuatu yang mudah. Kebanyakan orang tidak melakukan sebuah perubahan baik karena memang tidak memiliki pengalaman perubahan yang sukses atau juga terlalu seringnya orang-orang di sekeliling kita memicu perubahan dengan menarik alasan – berdasarkan laporan, rencana atau pernyataan dari sebuah visi dan misi, dibandingkan dengan pendekatan ke dalam “emosi” individu seseorang. Karena banyak kelompok atau organisasi yang lupa bahwa hanya perasaan/emosi yang mendalam yang dapat memotivasi seseorang untuk melakukan perubahan kepada perilakunya.

Disini sebuah quotes adalah salah satu bentuk pesan yang dapat menunjukkan kebenaran dan mempengaruhi perasaan/emosi seorang individu. Quotes dapat mengubah cara pandang seseorang dalam melihat dan mendengarkan dunia. Kenapa? Karena banyak dari para penulis quotes menggunakan bahasa yang digunakan untuk menghormati dan merayakan, dibandingkan dengan menyalahgunakan, melarang atau merendahkan.

Sekarang coba pikirkan, apa perbedaan antara membaca pesan peringatan yang biasanya kita dapatkan melalui KOMINFO seperti “Jangan berjualan serta membeli apapun di trotoar” dengan membaca pesan quotes yang berbunyi “Just because my path is different doesn’t mean I’m lost” atau “Jangan mudah tersinggung di bumi … bukan cuma kamu yang punya perasaan”. Kira-kira pesan yang mana yang dapat merubah perilaku kamu?

Beberapa quotes membuat kita berpikir tentang hubungan sehari-hari yang kita miliki dengan orang-orang yang ada dalam hidup kita; anak-anak, pasangan dan teman-teman. Ada juga quotes yang kita baca merefleksikan akan kebenaran hidup kita di masa lalu yang tidak bisa kita utarakan dengan kata-kata. Selain itu quotes secara tidak langsung mengandung 6 nilai dari 7C’s effective communication  Command Attention,  Clarifi the Message, Comunicate a Benefit, Consistency Counts, Create Trust, Cater to Heart and Head).

Namun sebarapun bagusnya sebuah quotes, tetap diperlukan sebuah strategi yang efektif dari pendekatan sebuah ilmu perubahan perilaku agar pesan yang dibaca oleh seseorang dapat benar-benar mengubah kehidupan seseorang. Diperlukan sebuah riset yang mendalam tentang pesan-pesan yang sesuai dengan keadaan, cara befikir, gaya hidup komunitas yang ingin kita ubah perilakunya. Selain itu, kita juga harus mendesain bagaimana cara penyampaian pesan itu sendiri harus direncanakan, dengan baik dan matang.

Mungkin quotes akan mengubah hidupmu. Quotes dapat memberikan sebuah ilusi untuk beberapa orang bahwa kita berubah atau kita sudah berubah atau bahkan kesadaran ingin mengubah kehidupan kita. Dan memang benar mungkin quotes dapat merubah hidup seseorang, namun perubahannya akan sangat, sangat kecil dan sementara. Namun, banyak orang lupa bahwa sebagian besar perubahan datang dari kelipatan hal-hal kecil yang ada di sekitar kita.

Published by

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s