Berbagi Ilmu dan Menginspirasi Kelompok UMKM di Pacitan

Sebagai bagian dari project KOMPAK Improving Market Linkages for Community-Based Micro and Small Enterprises, Tulodo melalui Hepi Inc mengadakan kegiatan pelatihan terkait penjualan dan promosi, pengelolaan acara (event management), dan pemasaran digital untuk kelompok UMKM dampingan KOMPAK di Pacitan: Kelompok Mocaf Bogati dan Sumber Waras. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2018 dan diikuti oleh sebanyak 12 peserta yang merupakan perwakilan dari kedua kelompok.

20180327_090840

Pada hari pertama, peserta belajar tentang dasar-dasar penjualan dan pemasaran, serta tentang kegiatan promosi untuk memasarkan produknya di sesi yang pertama. Melalui case study pada sesi yang kedua, peserta diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi tentang produk usaha mereka masing-masing dan belajar untuk menyiapkan strategi penjualan dan promosi dalam kelompok. Mereka juga diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.

20180327_144153

Pada hari yang kedua, peserta belajar lebih dalam tentang pengelolaan suatu acara atau kegiatan (event management). Pada sesi ini, mereka belajar tentang bagaimana memanfaatkan dan mendesain suatu acara untuk mendukung kegiatan penjualan dan promosi produk usaha mereka. Seperti hari pertama, mereka juga diminta untuk merancang suatu acara untuk memperkenalkan produk baru atau varian baru produk dalam kelompok.

20180328_143555

Tema hari ketiga adalah tentang pemasaran digital. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk mengenali lebih dalam mekanisme dan sistem dari kegiatan penjualan dan pemasaran digital. Banyak contoh case study yang diberikan dalam materi ini termasuk bagaimana kisah sukses dan inspiratif beberapa pelaku usaha via digital, serta bagaimana mengevaluasi program promosi melalui jalur digital. Peserta juga belajar untuk merencanakan kegiatan pemasaran digital produk-produk usaha mereka.

20180329_091610

“Tiga hari ini sangat seru. Saya belajar banyak sekali. Selama ini saya tahunya cuman jualan aja. Tidak tahunya ada banyak cara biar produk kita dikenal banyak orang apalagi lewat yang online itu. Saya jadi tidak sabar untuk segera mempraktekkannya.” -Bu Tutik

20180329_154252 (1)

Sukses selalu Kelompok Mocaf Bogati dan Sumber Waras!

Published by

Heribertus Rinto Wibowo

A public health enthusiast, passionate about the science of health promotion, tobacco control and social determinants of health.

Leave a Reply