Perubahan lingkungan, dapat membantu mengubah perilakumu?

Jakarta memiliki lebih dari 100 gedung pencakar langit, terdiri juga dari berjuta mobil dan motor di jalanan utama seperti Sudirman atau Kuningan. Selain memiliki gedung dan mesin-mesin lainnya, Jakarta juga memiliki berjuta penyakit dan polusi, mulai dari polusi udara, air yang kotor dan tercemar limbah kimia dan juga tumpukan sampah penyebar penyakit yang dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut jalan.

Pekerja dari luar negeri dan luar Jakarta dapat dengan mudah ditemukan di kota ini, tepatnya dapat dengan mudah ditemukan di dalam gedung pencakar langit, di dalam mobil ber-ac atau di dalam pusat perbelanjaan. Hawa yang panas, terutama di siang hari, udara yang penuh dengan polusi dan bau kali atau selokan yang dapat menyengat hidung setiap saat, pemandangan tumpukan sampah yang bertebaran di jalan-jalan, membuat banyak orang yang tinggal di kota Jakarta, memilih untuk menghabiskan harinya dengan beraktifitas di dalam sebuah ruangan tertutup, dengan dingin Air Conditioner (AC) yang tidak akan membuat kulit dan baju basah dengan keringat.

Untuk membantu aktivitas berkegiatan di luar ruangan dan mengurangi polusi udara dan penggunaan kendaraan pribadi dalam upaya peningkatan kualitas udara, pemerintah kota Jakarta meluncurkan program Car Free Day (CFD). Banyak masyarakat kota Jakarta, datang untuk berolahraga di event tersebut setiap hari minggu. Konsep CFD walaupun memiliki tujuan utama untuk mengurangi polusi udara, juga berhasil membuat masyarakat untuk beraktifitas di luar ruangan. Pemerintah Jakarta, turut andil dalam membantu perubahan lingkungan di Sudirman, pada hari minggu di setiap minggunya.

Sebuah contoh perubahan lingkungan dan gaya hidup: olahraga di ruangan tertutup

exercise-feet-fitness-892682Yoga di ruangan tertutup via pexels.com

Lalu bagaimana bila warga Jakarta ingin beraktivitas atau berolahraga di hari kerja, namun mengurungkan niatnya karena terlalu malas dengan udara yang panas? Menjamurnya puluhan tempat fitnes, yoga, pilates bahkan kolam renang indoor merupakan jawabannya. Ruangan fitnes bahkan dapat kita temukan di kantor, seperti Gojek. Gojek menyediakan ruangan fitnes bernama Go-Gym, Go-Yoga agar karyawannya tetap fit dan tidak hanya duduk di depan komputer. Perubahan lingkungan kantor dapat berdampak besar kepada perilaku karyawannya, untuk hidup lebih sehat.

Untuk sebagian besar warga juga dapat dengan mudah menemukan tempat olahraga tertutup atau indoor seperti golf dan tenis yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Ya, kegiatan berolahraga di dalam ruangan ber-AC menjadi semakin populer dilakukan oleh banyak warga kalangan kelas menengah dan atas sebagai solusi hidup sehat mereka di tengah banyaknya alasan polusi dan udara Jakarta yang tidak cukup baik untuk berolahraga di luar ruangan.

Hasil dari banyaknya bangunan olahraga indoor di setiap sudut kota yang menawarkan berbagai macam promo menarik adalah lebih banyak orang pergi untuk berolahraga.  Banyak orang yang kemudian mencoba untuk pergi berolahraga di dalam sebuah ruangan. Sistem member – 6 bulanan kemudian memaksa mereka rutin datang untuk berolahraga.

Banyak dari mereka mulai mengajak teman-teman mereka untuk berolahraga bersama saat sudah menjalani masa 3 bulan rutin berolahraga. Kemudian aktivitas pembuatan konten di sosial media dimulai untuk memberi tahu circle pertemanan mereka, bahwa mereka merupakan orang yang memiliki gaya hidup sehat.

Dengan waktu dan pengulangan yang berkala, mereka pada akhirnya mendapatkan apa yang mereka harapkan, akhirnya dapat rutin berolahraga setiap hari. Mereka tidak lagi memerlukan alasan, karena olahraga sudah menjadi sebuah kebiasaan yang mereka perlukan. Orang yang menghabiskan waktunya di dalam ruangan tidak lagi melakukan aktivitas seperti bekerja, minum kopi, makan dan duduk-duduk namun juga, dapat rutin melakukan aktivitas olahraga dengan nyaman.

Mengubah perilaku, dari perubahan tata letak barang di sekitar?

analog-art-beautiful-963486Kursi dengan latar belakang putih via pexels.com

Ingin tetap rutin datang ke gym langganan atau berenang? Pilih tempat gym atau berenang langganan yang dekat dengan rumah. Mau mengurangi waktu menonton TV sebelum tidur? jangan pernah meletakkan televisi di dalam kamar. Ingin minum air putih setiap bangun tidur? Letakkan botol air di samping meja tempat tidur. Merubah desain lingkungan di sekitar kita merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku di kehidupan kita, namun tidak banyak disadari oleh banyak orang yang bertekad ingin merubah perilakunya.

Bagi sebagian dari kita, saat ingin menghilangkan perilaku buruk, hal pertama yang kita lakukan adalah menetapkan tujuan/goal dan tenggat waktu/deadline kapan goal yang kita rancang dapat tercapai. Jarang ada yang mengevaluasi keadaan di sekitar kita, tata letak barang, keadaan lingkungan yang sebenarnya dapat turut membantu perubahan perilaku kita. Kita sadar bahwa kebanyakan perilaku buruk didukung oleh pengaruh negatif. Salah satunya adalah lingkungan yang tidak mendorong kita untuk bergerak/berubah ke hal positif yang kita inginkan.

carnival-cartoon-character-disney-203561Etalase toko mainan via pexels.com

Seperti contohnya, Toko mainan A meletakkan mainan mahalnya di etalase tokonya, untuk menarik perhatian pembeli, terutama anak kecil yang lewat. Demikian pula dengan tata letak di sebuah supermarket, jejeran minuman diletakkan di dekat kasir karena mereka sadar, bahwa pada saat kita sudah lelah mengelilingi supermarket, minuman yang diletakkan di dekat kasir 80% akan diambil karena banyak dari kita yang merasakan  kelelahan dan kehausan.

Apa yang harus kamu tahu tentang perubahan perilaku?

black-and-white-city-crosswalk-842339Bayangan orang bergerak via pexels.com

Berubah memang bukan suatu hal yang mudah, perubahan memerlukan kita untuk fokus pada tujuan yang telah kita buat. Tanpa cara dan taktik yang tepat, upaya dari perubahan itu akan berakhir sia-sia. Motivasi dan kemauan keras tidaklah mudah untuk dikendalikan. Namun, salah satu cara yang dapat membantu kita untuk merubah perilaku kita adalah dengan menyingkirkan penghalang-penghalang di lingkungan kita, seperti salah satunya adalah mulai merubah tata letak dan desain lingkungan di sekitar kita.

Sumber:

http://webs.wofford.edu, http://www.thejakartapost.com/life, http://www.psychologytoday.com, http://www.arivale.com

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s