3 Manfaat Membawa Kotak Bekal Sendiri

Siapa bilang kotak bekal hanya cocok dibawa oleh anak-anak? Anda juga bisa membawa kotak bekal ke kantor, lho! Hal ini bahkan sudah menjadi gaya hidup untuk banyak orang. Tidak percaya? Coba saja buka hashtag #bekalkantor, #bekalkerja, #bekalbapakbara, atau #bekalbapakarif di Instagram. Namun apa sebenarnya manfaat dari membawa kotak bekal sendiri?

avocado-beans-cooked-1640769Kotak bekal berukuran kecil dengan isi makanan melimpah dan sehat. Foto: https://www.pexels.com/
Screen Shot 2019-01-30 at 11.13.25 AMKotak #bekalbapakarief, contoh bekal sehat namun tetap nikmat dan mengenyangkan. Foto: https://www.instagram.com/poetrygladies/
Screen Shot 2019-01-30 at 12.01.09 PMKotak #bekalsaya, bekal hasil masakan sendiri yang tentu akan lebih sehat. Foto: https://www.instagram.com/siska_dewi_lestari/

1. Menjaga Kesehatan

broccoli-carrots-chopped-8691Sayuran segar siap untuk dimasak. Foto: https://www.pexels.com/

Semakin padatnya kegiatan yang kita jalani, waktu menjadi semakin berharga. Tidak heran banyak dari kita yang mulai bergantung kepada makanan yang cepat dan mudah, seperti fast food. Padahal membuat dan membawa kotak bekal dapat mengurangi jajan dan ngemil makanan yang kurang sehat.

Saat kita menyiapkan bekal untuk diri kita sendiri atau orang lain, tentu kita akan memilih untuk memasak dengan bahan makanan yang segar. Selain itu, kita juga dapat mengurangi penggunaan gula, garam, pengawet, maupun penyedap rasa. Tubuh tentu akan lebih terjaga kesehatannya. Lihat lebih lanjut mengenai resep makanan sehat yang dapat Anda buat untuk kotak bekal di tautan berikut ini.

2. Berkontribusi dalam Menjaga Lingkungan

Dengan selalu membawa kotak bekal, kita tentu akan mengurangi membeli fast food atau menggunakan jasa layanan antar makanan. Hal tersebut akan berdampak dalam mengurangi sampah kemasan. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mengurangi polusi di bumi dari sampah plastik sekali pakai yang bertahan selama ratusan hingga ribuan tahun setelah dipakai.

christopher-flowers-267934-unsplashFast food dan minyak kertasnya serta iced americano di dalam kemasan plastik. Foto: https://www.pexels.com/
blur-delicious-dinner-793011Packaging plastik dari makanan take away. Foto: https://www.pexels.com/

3. Mengekspresikan Rasa Kasih Sayang

a-kyaraben-1563013_1920Makanan di dalam kotak bekal yang dihias dengan bentuk yang menarik dan lucu. Foto: https://pixabay.com/

Pembuatan makanan untuk diletakkan di dalam kotak bekal tentu dilakukan dengan penuh perhatian dan kehati-hatian, kotak bekal seperti sebuah media dalam menyampaikan perasaan dari si pembuat untuk si pemakan.

Seorang ibu dapat menghabiskan waktunya untuk memasak bekal untuk anaknya dengan presentasi yang menarik, dihias sedemikian rupa sehingga si anak yang mungkin tidak suka makan sayuran akan tertarik untuk mencobanya.

Atau seorang istri yang menghabiskan waktunya untuk berkreasi demi membuat bekal yang akan dibawa suaminya ke kantor. Ia tentu akan bersusah payah demi memastikan bahwa makanan tersebut bukan hanya lezat namun juga disajikan dengan presentasi yang memikat.  

Atau bila Anda membuat bekal untuk diri sendiripun, tetap ada unsur kasih sayang di baliknya. Anda tentu peduli dengan kesehatan tubuh sehingga memutuskan untuk membawa kotak bekal sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk mulai membawa kotak bekal sendiri? Anda bisa membuka tautan ini untuk mendapatkan inspirasinya.


Editor: Yani Lauwoie

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.