Pelatihan Enumerator dan Uji Coba Instrumen Baseline Study ISTA (Indonesia Spice Trade Alliance) Sulawesi Selatan

Sebagai salah satu bentuk dukungan untuk meningkatkan perdagangan rempah-rempah di Indonesia saat ini, Tulodo Indonesia dan Makna Consulting ditunjuk oleh NCBA CLUSA Indonesia untuk melakukan penelitian Baseline Study Project ISTA (Indonesia Spice Trade Alliance) pada empat kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Enrekang.

Proyek ISTA yang didanai oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat adalah program lima tahunan yang berfokus pada peningkatan produktivitas dan efisiensi pertanian lada hitam, kayu manis dan vanili. Proyek ISTA bertujuan meningkatan dan memperluas perdagangan ketiga tanaman rempah-rempah diatas melalui peningkatkan kualitas tanaman, penguatan jaringan koperasi, dan kemitraan dengan pihak swasta agar para petani di Indonesia dapat terhubung dengan industri rempah-rempah  di tingkat internasional. Kerjasama tersebut diharapkan dapat menciptakan dan menjaga keragaman tanaman, serta mengajak generasi muda untuk melestarikan tanaman rempah-rempah di Indonesia.

Salah satu kegiatan awal yang dilakukan dalam proyek ini adalah pelatihan enumerator dan pilot testing untuk baseline study proyek ISTA.Tulodo dan MAKNA consulting sebagai pelaksana melakukan pelatihan ini pada tanggal 25-27 Agustus 2021. Pelatihan enumerator ini bertujuan untuk memberikan penjelasan rinci mengenai kuesioner yang telah dikembangkan untuk mengumpulkan data dari para petani di Sulawesi Selatan. Selanjutnya, pilot testing (uji coba kuesioner) juga dilaksanakan agar para enumerator dapat memahami tata cara mewawancarai petani di lapangan nanti. 

Gambar 2. Pengantar dan Penjelasan Metodologi Penelitian oleh Jackie L. Pomeroy dari Makna Consulting
Gambar 3. Pemaparan Kuesioner oleh Juliati Ng dari Tulodo Indonesia

Studi baseline ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi kelayakan dan keberhasilan kegiatan proyek ISTA di Indonesia. Selain itu, juga untuk memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kondisi dan kebutuhan petani rempah-rempah dan menentukan pencapaian untuk evaluasi program. Hasil studi ini digunakan untuk memastikan pendekatan ISTA yang sesuai dengan keperluan dan konteks petani di Sulawesi Selatan.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan seluruh enumerator siap dengan pengumpulan data berbekal informasi yang rinci terkait riset instrumen maupun tujuan program ISTA di Indonesia agar program dapat berjalan dengan sukses. Setelah kegiatan pelatihan enumerator dan pilot testing ini, tim Tulodo akan segera melakukan kegiatan pengumpulan data dengan para petani rempah-rempah di Sulawesi Selatan. Ikuti terus perjalan kami dalam mendukung peningkatan perdagangan rempah-rempah di Indonesia!


Editor: Yulida Pangastuti dan Ratnakanya Hadyani

Published by

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.