Daftar aplikasi Desain untuk Desainer (UX/UI)

Banyak orang terutama yang bekerja di dalam sebuah tim memerlukan aplikasi atau tools yang dapat memudahkan setiap anggota tim dalam memberikan feedback atau saran. Tidak terkecuali dengan seorang desainer. Namun, banyak desainer yang memerlukan sebuah aplikasi dimana pemberian  feedback tidak harus dalam bentuk akhir seperti pdf, jpg atau png namun dapat dilakukan selagi dalam pengerjaan di dalam sebuah aplikasi/tools.

Sebagai pembuat konten di Tulodo, selain harus cepat dalam membuat konten tulisan dan proses editing konten dan gambar, saya juga harus memiliki aplikasi yang membantu saya dalam membuat sebuah brand serta membantu mempermudah anggota tim yang lain dalam memberikan feedback di dalam satu aplikasi.

Disini saya ingin membagikan beberapa alat atau aplikasi yang saya gunakan untuk membantu anda bekerja lebih cepat, praktis dengan hasil yang baik. Daftar tools di bawah dapat digunakan untuk mendesain sebuah konten, membangun desain brand yang baik ataupun mendesain sebuah prototype/purwarupa:

Huruf

abstract-alphabet-background-1432950

Google Font:  Saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan Google Font, untuk pemilihan typography, selain terdapat 850+ huruf yang dapat digunakan gratis untuk kepentingan komersial dan pemakaian proyek pribadi, font disana juga mudah digunakan di situs website dan setiap print communication material yang sedang kamu kerjakan. Bagaimana cara menggunakan Google Font? Buka link dibawah untuk informasi penggunaan Google Font: link

Platform lain yang dapat digunakan untuk pencarian huruf/font,:

My Fonts

Fonts

Font Squirrel

Dafont

Kombinasi Huruf

adult-bar-cafe-business-375885

Font Pair: Font Pair dapat membantu desainer untuk menggabungkan dua jenis huruf yang berbeda. Seperti yang kita ketahui, setiap huruf memiliki personality dan visual impact-nya sendiri. Dan penggabungan huruf/font tersebut dapat menghasilkan hasil yang lebih powerful untuk sebuah brand. Font Pair membantu kamu untuk menemukan huruf/font berbeda jenis dalam satu tempat dan menghasilkan efek visual yang sesuai dengan nilai dari brand yang kamu buat.

Platform lain yang dapat digunakan untuk pencarian huruf/font:

Typ

Font Combinations Canva

Beautiful Web Type

Ultimate Google Font Pairings

Warna

apartment-architecture-block-534124

Flat UI Colors: Sangat mudah digunakan dan sangat cocok untuk pemilihan warna, terutama untuk layout design kamu Pemilihan gradien warna yang mengacu pada objek yang terang ke objek gelap, sangat memudahkan desainer untuk memutuskan kombinasi warna yang digunakan untuk brand-nya.

Platform  lain yang dapat digunakan untuk pemilihan warna:

Material Design Palette

Material Ui

Adobe Color

Paletton

Color hunt

Palettible

Coolors

Gradasi Warna:

bookstore-color-colorful-159519

Grabient

Color Space

Coolhue

Gradients

Web Gradients

Ui Gradients

Lainnya:

Name that Color

Untuk yang ingin mencari tahu tentang nama warna yang kita gunakan dalam desain yang kamu buat, bisa langsung cek Name that Color untuk mengetahuinya.

Ikon

free-350-icons-webalys

Flaticon: Untuk keperluan membuat infografik, seorang desainer tentu akan membutuhkan banyak icon untuk melengkapi infografiknya. Flaticon menyediakan banyak general ikon yang dapat di download dan digunakan untuk kepentingan desain infografik atau communication material kamu lainnya.

Platform lainnya untuk mendapatkan ikon:

Iconmonstr

Icons8

Material  Design Icons

Icon Store

Nucleo

Icon Jar

Stock photos

beautiful-bright-hand-1252983

Pexels: Saya selalu menggunakan pexels, untuk mencari foto yang tepat untuk melengkapi konten tulisan atau keperluan desain communication material lainnya. Selain gratis, keuntungan lain dalam mendownload foto di pexels lainnya adalah kamu akan mendapatkan unlimited  atau tidak terbatas dalam mendownload foto yang kamu perlukan.

Platform lainnya untuk mendapatkan foto:

Flickr

Unsplash

General Tools

art-color-colourful-207665

Sketch: Untuk alat yang umum digunakan oleh UX desainer. Kelebihan aplikasi sketch dapat digunakan langsung oleh banyak orang secara online. Sistem kerja sketch kurang lebih sama seperti Google Docs. Semua orang dapat berpartisipasi di dalam file sketch yang telah di bagikan. Anggota tim tidak harus menunggu hasil final dari sebuah file, karena semua anggota dapat mengedit bila ada kesalahan di dalam file final.

Platform lain yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah prototype:

Figma

Zeplin

Adobe XD

Affinity

Prototyping & Constructor

blade-cut-cutter-1409215

Invision: InVision hampir mirip penggunaannya dengan Sketch, memudahkan setiap orang untuk bekerja (mengedit dan mereview) di dalam satu dokumen file yang sama. Di InVision kita juga dapat melihat tampilan desain kita baik di dalam desktop version  ataupun mobile platform.

Platform lain yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah prototype online:

Marvel

Webflow

UXPin

FlowMapp

Readymag

Interface Animation

animation-cartoon-cartoon-character-42415

Principle: Principle menyediakan dua artboards atau dua layar kerja untuk pengerjaan desain animasi. Kelebihan dari adanya dua layar kerja ini adalah untuk memudahkan transisi objek. Untuk informasi lengkap tentang cara menggunakan Principle dalam membantu desain animasi kamu, dapat membuka link ini: link

Platform lain yang dapat digunakan untuk membuat animasi:

Flinto

InVision Studio

Origami

Adobe After Effects

Framer

Phase

Published by

Ratnakanya Hadyani

Kanya is Communication Officer for Tulodo. She hopes to tell stories that hopeful and thought provoking within complex situation created by behavior change and innovation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.