Menkes Indonesia mencanangkan Imunisasi Lanjutan pada anak batita

Minister Nafsiah Mboi launch vaccination campaignMenkes Indonesia mencanangkan Imunisasi Lanjutan pada anak batita (bawah tiga tahun). Imunisasi lanjutan ini diberikan kepada semua anak usia 1,5 dan 2 tahun, guna meningkatkan kekebalan terhadap campak, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B dan Hib.

Program penguatan kekebalan dengan program imunisasi lanjutan akan dimulai tahun ini di  empat propinsi, yaitu Jawa Barat, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Untuk selanjutnya, pelaksanaan program serupa di propinsi lainnya di seluruh Indonesia akan dimulai pada tahun 2014. Menurut Kemenkes masih ada 14% atau sekitar 3,9 juta balita yang belum di imunisasi. Bahkan, ada daerah yang pencapaian tingkat imunisasinya baru 60%-70%.

“Vaksinasi penting bagi kesehatan masyarakat. Program imunisasi merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan kesehatan karena dapat mencegah kesakitan, kematian dan kecacatan”, tandas Menkes.

Imunisasi tidak hanya memberikan kekebalan perorangan terhadap penyakit, melainkan juga membentuk kekebalan masyarakat. Karena itu, Indonesia mesti mengadopsikan pendekatan “community based social marketing” yang fokus baik pada perubahan perilaku maupun mobilisasi masyarakat untuk mendukung program itu.

Published by

Nicholas Goodwin

Behaviour change and international development guy.

Leave a Reply